Monday, December 19, 2011

Persiapan Kehamilan

Buat pasangan yg ingin mempersiapkan kehamilan, sebenarnya tidak terlalu rumit..
1.       Lakukan pola hidup sehat, perhatikan asupan gizi yang masuk baik istri maupun untuk suami.
2.       Perhatikan asupan Asam Folat. Bila selama ini Ibu kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung Asam folat, mulai sekarang sertakan sereal yang dicampur buah atau sayuran sebagai salah satu menu sarapan pagi. Asam folat penting untuk mencegah bayi lahir dengan cacat seperti, keretakan pada tulang belakang. Bila sulit memenuhi kebutuhan 400 mikrogram asam folat setiap hari, maka Ibu disarankan mengkonsumsi suplemen asam folat sedikitnya sampai minggu ke 12 kehamilan.
3.       Jika ibu sedang mengkonsumsi Obat atau kosmetik. Konsultasikan penggunaan obat dan kosmetik bila Ibu sedang merencanakan kehamilan. Karena beberapa obat dan kosmetik dapat menurunkan tingkat kesuburan Ibu.
4.       Begitu juga bila Ibu baru-baru ini menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD, Depro-Provera atau Norplant, atau telah disterilisasi. Jika baru-baru ini Ibu mengkonsumsi pil, biarkan tubuh menyesuaikan diri dulu selama beberapa bulan sebelum Ibu merencanakan kehamilan. Jangan lupa untuk berkonsultansi dengan dokter Ibu.
5.       Hindari merokok dan minum minuman beralkohol, karena dapat menurunkan kesuburan.
6.       Sebaiknya periksakan kondisi kesehatan secara kesuluruhan misalnya gigi berlubang, diabetes, tekanan darah tinggi.. karena jika penyakit ini didteksi sejak dini, bisa diantisipasi sejak dini sehingga tidak akan mempengaruhi kehamilan..
7.       Hindari stress, saat ini gaya hidup modern dengan rutinitas sehari hari yg begitu padat seringkali menciptakan kondisi stress..


Salam
Zilah Kris

1 comment:

  1. dan menurut saya persiapan yang terpenting itu mental :)

    mohon kunjungi juga :
    Info seputar Ibu hamil

    terimakasih :)

    ReplyDelete